Selasa, 24 September 2013

Di Jepang, Tutup Gorong-gorong Diukir dengan Unik!

Tutup Got di Osaka yang bergambarkan Osaka Castle
Jepang memang terkenal dengan karya seninya yang unik dan teknologi mutakhir. Liburan ke Jepang, traveler bisa melihat tutup gorong-gorong pada jalanannya diukir dan dicat dengan unik.
 

Tutup got di Yokohama bertuliskan tahun 1859
Ketika saya menginjakkan kaki di Negeri Sakura, saya justru terkesima dengan tutup got jalanan di sini yang desainnya sangat unik. Jika pergi wisata, biasanya orang selalu menikmati uniknya bangunan di kota tersebut. Saya pun demikian.

 
Tutup Got di Mount Fuji dan Danau Kawaguchi

Khusus kali ini, ketika menginjakkan kaki di Negeri Sakura, saya justru terkesima dengan desain tutup saluran air atau selokan yang sangat bagus sekali dan diberi cat warna-warni. Kalau di Jakarta, saya tidak yakin tutup selokan jalanan ini akan tetap di posisinya.

Mungkin akan segera berpindah tangan dicuri tangan-tangan jahil. Setelah saya amati, setiap daerah memiliki ciri khas tutup got yang berbeda-beda.

 
Tutup Got untuk sumber air mobil pemadam kebakaran

Misalnya saat saya berada di Osaka. Ciri khas kota ini adalah Osaka Castle, oleh karena itu gambar tutup gotnya adalah Osaka Castle. Tidak hanya bergambar Osaka Castle, tetapi juga diberi warna-warni. Hiasan tutup got di Osaka Castle ini juga dijual di toko cinderamata dalam bentuk magnet lemari es.

Lain lagi ketika saya berada di Yokohama. Yokohama dikenal sebagai Kota Pelabuhan. Ada beberapa variasi tutup selokan yang berbeda, tetapi masih dengan satu tema yang sama, yaitu tema pelabuhan atau kapal laut.

Di Gunung Fuji, bentuk tutup selokannya juga berbeda. Masing-masing tutup ini digambarkan dengan cantiknya Gunung Fuji, dan disandingkan dengan Danau Kawaguchi yang juga berdekatan dengan Gunung Fuji.

Selain ikon kota, tutup saluran air ini juga ada yang digambarkan menurut fungsinya, misalnya untuk sumber air bagi mobil pemadam kebakaran atau sumber air untuk minum, dan lain sebagainya.

Karena desain tutup got berbeda di tiap kota, maka sambil jalan, tidak lupa mata saya terus tertuju ke jalanan. Menanti-nanti siapa tahu ada desain tutup got lainnya yang juga unik dan cantik.



Sumber
http://travel.detik.com

0 komentar:

Posting Komentar

lazada indonesia