Selasa, 08 Oktober 2013

Oktoberfest, pesta bir dan festival terbesar dunia

Oktoberfest, pesta bir dan festival terbesar dunia
Oktoberfest adalah festival rakyat terbesar di dunia yang diadakan setiap tahun di Munich, Bayern, Jerman. Festival yang berlangsung selama 16 hari ini diselenggarakan pada akhir September hingga minggu pertama di bulan Oktober. Pada tahun 2012, tercatat lebih dari 6 juta orang dari seluruh dunia menghadiri festival tersebut.

Namun, penduduk setempat lebih sering menyebut festival ini dengan istilah die Wies'n yang diambil dari kata Theresienwiese, sebuah ruang terbuka yang biasa digunakan untuk menggelar Oktoberfest di dekat pusat kota Munich. Oktoberfest merupakan bagian penting dari budaya Bayern, yang telah berlangsung sejak tahun 1810. Tahun ini, Oktoberfest digelar mulai dari hari Sabtu, 21 September sampai Minggu, 6 Oktober.

Oktoberfest awalnya hanya dirayakan selama 16 hari, mulai dari akhir September sampai Minggu pertama di bulan Oktober. Namun, pada tahun 1994, jadwal Oktoberfest diubah untuk menanggapi reunifikasi Jerman sehingga jika hari Minggu pertama di bulan Oktober jatuh pada tanggal 1 atau 2, festival ini akan diadakan hingga 3 Oktober (Hari Persatuan Jerman). Dengan demikian, festival ini akan digelar selama 17 hari, ketika Minggu pertama di bulan Oktober jatuh pada tanggal 2 dan 18 hari ketika Minggu pertama di bulan Oktober jatuh pada tanggal 1.

Selama festival berlangsung, pengunjung dapat menikmati berbagai makanan tradisional khas Bayern seperti Hendl (ayam), Schweinebraten(babi panggang), Schweinshaxe (ham panggang), Steckerlfisch (ikan panggang), Wuerstl (sosis) bersama dengan Brezeln(pretzel), Knoedel (mi keju), Ksesptzle ( mie keju ), Reiberdatschi (panekuk kentang), Sauerkraut atau Rotkohl/Blaukraut (kubis merah) bersama dengan makanan lezat seperti Obatzda (keju yang dibumbui) dan Weisswurst (sosis putih).

Tradisi Oktoberfest berawal dari kisah Putra Mahkota Ludwig yang diangkat menjadi Raja Ludwig I dan menikahi Putri Therese dari Sachsen-Hildburghausen pada 12 Oktober 1810. Warga Munich kemudian diundang untuk menghadiri perayaan yang diadakan di depan gerbang kota untuk merayakan acara pernikahan kerajaan. Ruang terbuka yang dipakai untuk menggelar pesta rakyat tersebut lalu diberi nama Theresienwiese (padang rumput Theresa) untuk menghormati Putri Mahkota.

Untuk memeriahkan acara tersebut, diadakan pula sebuah acara pacuan kuda yang dihelat di hadapan keluarga kerajaan untuk menandai penutupan acara tersebut. Keputusan untuk mengulangi acara pacuan kuda di tahun berikutnya itu yang memunculkan tradisi Oktoberfest.
Pada tahun 1960, Oktoberfest telah berubah menjadi sebuah festival besar yang terkenal di dunia. Selama festival berlangsung, pengunjung pria biasanya mengenakan Sennerhut (topi) dan Lederhosen (celana kulit), dan para wanita umumnya memakai pakaian tradisional Jerman yang disebut Dirndl.




Sumber
merdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar

lazada indonesia