Minggu, 13 Oktober 2013

Bangkai Motor Tua Ini Dilelang Ratusan Juta

Bangkai motor superbike klasik, 1939 Brough Superior
Tidak hanya motor dengan mesin tangguh dan teknologi canggih yang dibanderol selangit, motor bekas penuh karat dan tanpa ban pun bisa dijual dengan harga sangat mahal. Brough Superior SS80, misalnya.

Dilansir Dailymail, 12 Oktober 2013, motor bekas dan tak layak pakai ini akan dilelang 20 Oktober mendatang, dengan harga pembuka 15.000 poundsterling, atau sekitar atau sekitar Rp271 juta.

Meski jok telah rapuh dan sadel sudah tak berfungsi, namun motor asal Inggris yang dirakit 1939 ini diperkirakan akan terjual dengan harga 25.000 poundsterling, alias setara Rp452 juta.

Mengapa demikian? Sebab, ini dipercaya akan menjadi buruan penggila motor klasik. Superbike ini bisa menjadi bagian dari sejarah karena diciptakan pada saat zaman perang.

"Motor ini dibeli oleh ayah dari vendor pada tahun 1964 dan selama bertahun-tahun beberapa bagian hilang atau membusuk," kata Ben Walker, pemilik yang akan melelangnya di Bonhams, tempat pelelangan kesohor di Inggris.

"Motor ini adalah 'The Rolls Royce'-nya sepeda motor," tambahnya.

Di eranya, motor ini dapat dipacu cukup cepat karena mengusung mesin V-twin 982 cc.

Bahkan orang yang pertama membuatnya, George Brough, pernah mengetesnya di lintasan Brooklands dengan rekor kecepatan mencapai 161 km/jam. Berkat motornya itu, Brough berhasil menyabet 51 race dari total 52 race yang ia ikuti.

Namun, sayang, di awal 1940 produksi motor ini terhenti karena Perang Dunia Ke-II. Dan, sejak saat itu, tercatat produksinya hanya 3.000 unit motor di dunia. (eh)


Wujud asli 1939 Brough Superior. (classic-auctions.com)









Sumber
viva.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

lazada indonesia