Jumat, 06 Desember 2013

Meninggal di usia 95 tahun, apa rahasia umur panjang Mandela?

Meninggal di usia 95 tahun, apa rahasia umur panjang Mandela?
Nelson Mandela telah tutup usia pada tanggal 5 Desember 2013 waktu setempat (Johannesburg, Afrika Selatan). Mantan Presiden Afrika Selatan ini meninggal di usia 95 tahun. Meski diketahui mengalami berbagai macam perjuangan selama hidupnya, terbukti bahwa Nelson Mandela memiliki usia yang cukup panjang.

Nelson Mandela yang meninggal di usia yang terbilang cukup panjang ini mengundang spekulasi dari banyak pihak, terutama kalangan ahli dan peneliti. Vickie Mays, seorang profesor psikologi dari University of California, Los Angeles, mengungkap bahwa perilaku Nelson Mandela yang positif dan kesediaannya untuk mengabdi pada bangsanya memberinya kekuatan menangkal stres dan penyakit yang berkaitan dengan mental.

"Pikiran kita memiliki kekuatan yang besar, pikiran juga organ tubuh yang didesain untuk membantu Anda bertahan. Memiliki perilaku dan pikiran yang positif pada masa yang buruk akan membuat Anda lebih mudah menghadapi masa sulit tanpa menyebabkan masalah pada mental dan fisik," ungkap Mays, seperti dilansir oleh Live Science (05/12).

Selama masa sakitnya, Mandela diketahui mengalami kekurangan nutrisi, termasuk vitamin D. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan berbagai macam penyakit termasuk penyakit jantung dan diabetes. Mandela juga dikenal pernah menjalani masa-masa yang sulit dan bekerja sangat keras di penjara, yang tentu bisa mengganggu kesehatannya. Namun Mays berpendapat berbeda tentang hal ini.

"Kita tak pernah melihatnya (Mandela) berbicara negatif atau membicarakan hal buruk tentang hari-hari di masa lalunya," ungkapnya.

menurut Mays, salah satu pelajaran yang bisa diambil dari usia panjang Mandela adalah kesediaannya melakukan hal untuk orang lain dan mengabdikan dirinya sepenuhnya demi kepentingan orang lain. Hal ini menurutnya bisa membuat seseorang tetap sehat dan berumur panjang. Mays menekankan bahwa hal yang sama juga dilakukan oleh Ibu Teresa yang meninggal di usia 87 tahun.

Tentu saja genetik dan faktor lainnya termasuk gaya hidup juga mempengaruhi usia seseorang. Sebuah penelitian tahun 2010 mengungkap bahwa orang yang berusia cukup panjang hingga 100 tahun atau lebih memiliki set genetik tersendiri yang membuat mereka berkemungkinan 77 persen berusia panjang.

Sementara itu, penelitian lain dari Sisilia mengungkap bahwa orang yang berusia panjang adalah mereka yang melakukan diet Mediterannean yang kaya buah, sayur, gandum utuh, dan menghindari daging merah serta karbohidrat.

Bagaimana pendapat Anda mengenai usia panjang Nelson Mandela? Apakah Anda setuju dengan teori Mays, bahwa Nelson Mandela berusia panjang karena memiliki pikiran yang senantiasa damai, bebas kebencian, serta mengabdikan dirinya untuk negara dan rakyatnya?


Sumber
merdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar

lazada indonesia