Selasa, 01 Oktober 2013

10 Tokoh Dunia Super Wow di Dunia Teknologi

 

Pepatah kecil-kecil cabe rawit ini memang sangatlah pantas untuk 10 tokoh dunia di bidang teknologi dan informasi yang akan kami bahas ini. Mengapa? Karena di usia mereka yang masih sangat muda telah mampu menunjukkan prestasi yang luar biasa di bidang teknologi dan informasi, yang pada umumnya hanya diramaikan oleh usia-usia yang sudah relatif tak muda lagi atau seumuran dengan orang tua mereka. Usia mereka rata-rata 11-15 tahun saat membuat karya yang mampu membuat dunia terperangah. 10 tokoh dunia ini mampu berinovasi dengan sangat kreatif sekali dan mampu mengundang decak kagum seantero dunia terhadap karya mereka.


Disamping itu pula, mereka mampu mendongkrak image anak kecil dengan ketinggian ilmu mereka dalam menciptakan karyanya di bidang teknologi dan informasi. Berikut 10 tokoh dunia dan hasil inovasinya yang membuat kagum mata dunia adalah :


Thomas Suarez
Karena kesenangannya akan game, tokoh dunia cilik ini mampu menciptakan game sendiri . Bukan Cuma itu saja, dia juga mendirikan perusahaan sendiri yang bernama Carrot Corp yang telah menciptakan beberapa aplikasi iOS. Salah satu diantaranya adalah Earth Fortune yang cukup menarik dan sederhana, yakni hanya menampilkan warna yang berbeda dari planet berdasarkan keberuntungan pemain.Dan dia juga menciptakan game yang menampilkan artis Justin Bieber di pertandingan Whac-a-Mole.Game inilah yang paling sukses dan mampu mencapai titik puncak kreativitasnya dengan memenangkan Tribeca Disruptive Innovation Award tahun 2012 lalu. Dan dia memulai semua ini di usianya yang sangat belia, yakni 12 tahun. Yang mampu menjadikannya tokoh dunia cilik yang sangat menganggumkan.


Nick D'Aloisio
Aplikasi karyanya yang mampu mendongkrak namanya adalah TRIMIT. Dia membuatnya saat berusia 15 tahun. TRIMIT merupakan sebuah aplikasi berbasis iPhone OS keluaran Apple inc. Aplikasi ini meringkas konten web agar lebih singkat dan mudah untuk dapat digunakan di berbagai media atau jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, dan Tumblr. Aplikasinya menarik minat Fast company agar bisa dikembangkan algoritmanya dalam penelitian yang biasanya dilakukan oleh calan magister dan Doktoral dalam program studinya dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit pula.


Steven Gonzalez Jr.
Semua karya tokoh dunia cilik ini bermula dari sakit kanker yang menyerangnya saat dia berusia 12 tahun.Steven di diagnosis terkena Leukimia Myegenous akut. Dan dia dinyatakan dokter hanya memiliki kesempatan hidup sebesar dua persen. Tetapi dia mampu mematahkan pernyataan itu dengan kesembuhannya yang terbilang luar biasa prosesnya. Dia pernah dimasukkan ke dalam ruang isolasi untuk proses kesembuhannya selama 100 hari. Tokoh dunia cilik ini menciptakan sebuah game yang awalnya bertujuan untuk menyemangati dan menyembuhkan pasien-pasien kanker lainnya, terutama yang seusianya. Suatu tujuan yang sangat mulia. Nama Game ini adalah Play Against Cancer. Game ini menggambarkan seorang pemain mennghancurkan sel kanker (hantu berwarna hijau). Dan steven ini juga mengembangkan game yang lain yang merupakan game jejaring dan komunitas online pasien kanker remaja, yakni The Survivor Games.


Daniel Chao
Tokoh dunia cilik yang satu ini berusia 10 tahun saat ia menemukan sebuah aplikasi pencatatan interaktif. Aplikasi ini bernama iRead Monthly, yang bisa memungkinkan para siswa membaca yang pada tanggal ia inginkan saja kemudian dapat dilaporkan melalui E-mail kepada guru mereka. Hingga memudahkan siswa dalam mengatur waktu membaca sebuah pelajaran ataupun tugas sekolahnya dengan hanya meng-klik tanggal tertentu memasukan beberapa menit untuk digunakan dalam membaca pada hari itu. Aplikasi ini sangat di terima oleh perusahaan Apple. Dan tokoh dunia cilik ini mengatakan kebanggaannya kepada CBS Denver akan hal penerimaan tersebut.


Zora Ball
Anak ini bisa masuk dalam jajaran tokoh dunia cilik yang mengagumkan di bidang teknologi informasi karena di usia 7 tahun mampu mengembangkan sebuah aplikasi mobile game. Ia salah satu peserta termuda dalam suatu event bergengsi di bidang programming University of Pennsylvania's FATE Bootstrap Expo di Amerika Serikat pada bulan Desember tahun lalu. Padahal kategori event tersebut untuk usia 12 sampi 16 tahun, namun Zora membuktikan dirinya bahwa ia mampu bersejajar dengan para peserta lainnya meskipun usianya baru 7 tahun. Dan Ia mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan programmingnya dengan baik sekali.


Lim Ding Wen
Programmer cilik asia yang berasal dari negara Singapura ini mampu membuat aplikasi lukisan virtual pertamanya di usia sembilan tahun. Aplikasi ini awalnya dinikmati oleh adik-adiknya pada tahun 2009, yang kemudian mendapat persetujuan dari pihak Apple inc. Aplikasi ini bernama Doodle Kids, yang mengunakan konsep gerakan sederhana, yakni mereplika atau meniru gambar yang telah ada atau telah dimunculkan.


Di samping kreatifitasnya tentang game, ia telah menguasai enam bahasa pemrograman. Dan dengan enam bahasa tersebut pula, ia berhasil membuat banyak project-project , di antaranya dua project game di tahun 2012 tentang game pertandingan 3 Dimensi.


Zach Marks
Si Zach ini terkenal banget akan kreatifitasnya di bidang social media. Ia mampu menciptakan jejaring sosial untuk anak-anak seusianya yang ia beri nama Grom Social. Ceritanya berawal karena ia kesal karena tidak dibolehkan menggunakan Facebook oleh orangtuanya. Facebook sendiri telah memiliki aturan batasan usia minimal 13 tahun, sementara si Zach ini masih berusia 11 tahun. Dan ternyata, pada bulan Desember 2012, sebuah pemberita USA Today telah melaporkan bahwa situs jejaring bikinan si Zach ini dilihat oleh 2000 pengunjung setiap harinya dengan rasio sekitar 6000 tampilan. Sungguh luar biasa dari sebuah situs buatan anak berumur 11 tahun.


Santiago Gonzalez
Gonzales mulai dikenal sebagai tokoh cilik dunia sejak dia membuktikan bahwa dirinya berhasil menciptakan banyak aplikasi yang berbasis iOS yang sangat interaktif juga menarik. Diantaranya adalah Puzzle Slide Super yang terkategorikan game edukatif dan Space Solar System yang sangat mendongkrak nama sang tokoh dunia ini di bidang teknologi dan informasi. Game Puzzle Slide merupakan game dengan konsep mengatur dan merapikan, dimana pengguna atau user bisa mengatur ulang potong-potongan foto pilihannya yang tersebar tak menentu (tercecer). Sedangkan Space Solar System yang sesuai dengan namanya merupakan sebuah game Edukatif tentang tata surya dengan sembilan planet terkenalnya. Dan Gonzales menciptakan semua aplikasi game tersebut saat berumur 14 tahun. Ia memang terkenal kejeniusannya, terutama dalam hal akademik karena ia telah berhasil pula meraih gelar Master dalam ilmu komputer di umurnya yang ke 17 tahun saat teman-teman seusianya sebagian besar sedang menikmati duduk di Sekolah Menengah Umum.


Aaron Sonson, Satwant Singh, dan Gregory Paczkowski
Nama ketiga remaja yang berasal dari London ini berhasil membuat dunia teknologi informasi terkagum-kagum. Lantaran mereka telah berhasil menciptakan sebuah aplikasi berbasis data rekam. Aplikasi ini terinspirasi dibuat karena mereka bertiga merasa kurang terpenuhi hak-haknya akan keadilan dalam pelanggaran lalu lintas. Aplikasi yang di beri nama Stop & Go sebenarnya merupakan aplikasi yang memungkinkan para remaja mendapatkan informasi tentang hak-hak pelanggar lalu lintas hingga mendapatkan transparasi dan keadilan di dalam kantor pemeriksaan kepolisian lalu lintas. Hingga dalam situsnyapun mereka mengatakan dengan lantang bahwa aplikasi Stop & Go diptakan dengan harapan membawa keadilan dan tranparansi dalam prosedur pemeriksaan di kepolisian tersebut.


Team 2 / Res-Q
Kelompok ini terdiri dari empat gadis remaja berusia 14 tahun. Mereka berhasil menciptakan CyberMentors yaitu aplikasi anti kekerasan yang berfokus kepada keselamatan anak remaja yang menjadi korban kekerasan. Aplikasi ini sebenarnya terinspirasi oleh Aplikasi Stop & Go.


CyberMentors merupakan aplikasi yang penggunanya dapat berbicara dengan CyberMentor langsung mengenai pengalaman tentang kekerasan yang dialaminya. Dan aplikasi ini terbuat dua versi, yakni berbasis web dan google play.



sumber

0 komentar:

Posting Komentar

lazada indonesia